Ternyata Semakin Tua, Kebutuhan Kalori Semakin Berkurang

Makanan yang mengandung kalori sangat penting bagi kehidupan manusia sebagai penghasil energi, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Namun, kebutuhan kalori ini akan terus berubah seiring bertambahnya usia. Perhatikan bahwa seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori Anda akan terus berkurang; harus kurang dari kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Mengapa demikian? Ikuti ulasannya di bawah ini.

Kebutuhan Kalori Semakin Menurun Seiring Bertambahnya Usia

Makanan merupakan sumber energi, protein, vitamin, mineral, serat dan air yang dibutuhkan tubuh. Jumlah kalori yang dibutuhkan tergantung pada jenis kelamin, berat badan, tinggi badan dan aktivitas, serta usia. Pada orang tua, beberapa kebutuhan nutrisi dari makanan mungkin meningkat, tetapi kebutuhan kalori tidak.

Bertambahnya Usia dan Berkurangnya Aktivitas, Sehingga Mengurangi Kebutuhan Kalori

Saat Anda aktif, tubuh Anda akan melakukan metabolisme. Metabolisme adalah kemampuan tubuh untuk memecah nutrisi dan mengubahnya menjadi energi atau menyimpannya sebagai lemak untuk sumber energi cadangan. Jika jumlah kalori terlalu tinggi dengan sedikit aktivitas, berat badan bisa bertambah.

Metabolisme berkaitan dengan massa otot karena sel-sel otot sibuk menggerakkan tubuh saat melakukan berbagai aktivitas. Ketika Anda lebih muda, metabolisme Anda relatif lebih tinggi karena Anda melakukan lebih banyak aktivitas. Namun, sekitar usia 30-an, karena aktivitas tidak sebanyak pada masa remaja, massa otot berkurang dan menjdi lebih gemuk. Apalagi bagi lansia, akan mudah lelah dan sering mengalami masalah pada tulang yang menghambat aktivitas mereka, seperti osteoporosis dan osteoartritis.

Pedoman Kebutuhan Kalori Sesuai Usia dan Aktivitas

Kebutuhan kalori untuk wanita di atas 50 tahun:

– Tidak aktif secara fisik, membutuhkan 1600 kalori per hari

– Sedikit aktif, membutuhkan 1800 kalori per hari

– Aktif membutuhkan 2000 hingga 2200 kalori per hari

Kebutuhan kalori untuk pria di atas 50 tahun:

– tidak aktif secara fisik, membutuhkan 2000 kalori per hari

– Sedikit aktif, membutuhkan 2200 hingga 2400 kalori per hari.

– Aktif membutuhkan 2400 hingga 2800 kalori per hari

Selain kalori, kebutuhan nutrisi lainnya juga harus tetap dijaga. Pilihan pola makan dan makanan sehat juga harus diperhatikan, baik dari segi bahan maupun cara pengolahannya. Terlebih lagi, bagi kebanyakan orang yang bertambah tua akan kehilangan nafsu makan, maka memilih menu yang sesuai dengan kondisi mereka dapat membantu memenuhi kembali nutrisi yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *