Sejarah dan Fakta Unik Festival Pasar Terapung Lok Baintan

Kalau menyebut kata pasar, yang terlintas pertama kali di kepala kita adalah sebuah tempat  yang menjual kebutuhan rumah tangga dengan harga murah. Atau kalau kamu tinggal di kota, mungkin kamu akan menyebut supermarket sebagai nama lain dari pasar, tempat mencari berbagai kebutuhan. Tetapi ada yang unik dengan pasar di daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sini kamu akan menjumpai floating market atau pasar terapung Lok Baintan yang selalu ramai dikunjungi warga.

Apa saja yang ada di pasar Lok Baintan, bagaimana sejarah nya  dan keseruan festivalnya?  Yuk baca ulasan lengkapnya di sini.

Sejarah Pasar Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar.Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan tak beda dengan Pasar Terapung di muara Sungai Kuin/Sungai Barito. Keduanya sama-sama pasar tradisional di atas jukung yang menjual berbagai dagangan, seperti hasil produksi pertanian/perkebunan dan berlangsung tidak terlalu lama, paling lama sekitar tiga hingga empat jam. Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.

Jalan Menuju Lokasi

Untuk menuju pasar terapung Lok Baintan dari pusat kota bisa ditempuh dengan dua alternatif. Alternatif pertama menyusuri sungai Martapura dengan menggunakan klotok, sejenis sampan bermesin. Dengan klotok, perjalanan dari pusat kota menuju pasar terapung terbilang cepat karena membutuhkan waktu 30 menit.

Alternatif kedua dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil. Namun, untuk alternatif kedua membutuhkan waktu lebih panjang yakni satu jam untuk mencapai pasar terapung. Hal itu disebabkan medan perjalanan yang cenderung berat dan berliku-liku.

Aktivitas Pasar Terapung Lok Baintan

Aktivitas perdagangan dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.30 WITA. Pedagangnya didominasi perempuan dengan memakai tutup kepala (tanggui). Mereka menjual berbagai dagangan, seperti sayur-mayur, buah-buahan, kue-kue tradisional, dan lain-lain.

Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan

  • Membayar Dengan Sistem Barter

Kalau kamu terbiasa membayar belanjaan dengan uang tunai, maka kamu akan kaget, karena di pasar terapung ini masih berlaku sistem barter, dan uang bukan merupakan alat transaksi utama di pasar  ini.

Umumnya, dagangan yang akan di barter adalah hasil bumi berupa sayur mayur dan buah-buahan. Besaran dan keberimbangan jumlah hasil barter tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika sepakat, maka masing-masing akan mendapatkan barang sesuai keinginan dan selanjutnya digunakan untuk keperluan pribadi di rumah.

  • Barang Segar, Harga Murah

Karena langsung dari petani  maka bisa dipastikan semua buah dan sayurnya masih segar dan harganya juga lebih murah. Keunikan lainnya, sayur yang dijual adalah sayuran yang ditanam secara organik  tanpa pestisida.  Setiap harinya, pedagang akan memanen sayuran atau hasil bumi dalam jumlah yang mereka perlukan untuk mereka jual saja. Jadi barang yang ditawarkan selalu baru.

  • Penjual Memakai Bedak Dingin

Pernah melihat perempuan Kalimantan memakai bedak dingin atau masker tipis berwarna putih di wajah mereka? Yah, masker tersebut adalah cara tradisional yang digunakan wanita Banjar untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Hal ini juga banyak digunakan oleh para wanita yang menjual di perahu Lok Baintan. Mereka selalu memakai bedak dingin di wajah, dan ini juga menjadi salah satu ciri khas dari para penjual disana.

Fasilitas

Karena pasar terapung Lok Baintan sudah banyak dikunjungi wisatawan, maka kamu akan menjumpai kemudahan untuk mencari tempat bermalam semacam villa atau penginapan. Selain itu, di dalam perkampungan juga banyak masjid dan musholla yang bisa digunakan untuk sholat berjamaah di sela-sela kesibukan menikmati pasar.

Untuk urusan transportasi, kamu bisa menyewa perahu kelotok atau perahu bermotor yang biasanya banyak berjajar di pinggir sungai. Harga sewa perahu tersebut sangat bervariasi, tergantung dari berapa lama kamu ingin menikmati pasar.

Selain akomodasi dan transportasi, urusan makan juga sangat mudah kamu temukan di sini. Banyak kuliner menarik khas Banjar seperti Soto Banjar atau Ketupat Kandangan yang bisa kamu temukan di warung-warung pinggir sungai. Kuliner ini dijamin akan menghilangkan rasa laparmu dan memberimu energi untuk berpetualang menjelajah kampung-kampung tradisional di sekitar pasar.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2022 merupakan sarana untuk melestarikan dan menjaga tradisi budaya sebagai warisan dari khazanah budaya turun temurun masyarakat di daerah sungai Martapura di Lok Baintan.

Event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata pada tanggal 30 Oktober 2022  ini akan dilaksanakan dengan konsep hybrid dan bertema “Semangat Menggenggam Tradisi Budaya Sungai Masyarakat Banjar”.

Untuk rangkaian acara tersebut diantaranya adalah Lomba Jukung Hias Tradisional, Penampilan Formasi Jukung, Lomba Fotografi. Penampilan Seni Budaya Khas Kabupaten Banjar dan bazar.

Event ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan sekaligus meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi kreatif lokal masyarakat di Kabupaten Banjar, serta mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif Kabupaten Banjar baik   skala nasional maupun internasional.

Pasar Terapung Lok Baintan ini hanyalah salah satu festival keren yang kamu jumpai di Indonesia. Pastinya masih banyak event lain yang bisa kamu catat tanggalnya jika kamu kunjungi website Karisma Event Nusantara. Jangan sampai ketinggalan ya, ajak teman dan keluarga untuk turut meramaikannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *